6. Representasi Pengetahuan

        6.1 Arti Pengetahuan
Pengetahuan adalah hal yang utama dalam sistem pakar yaitu fakta atau kondisi sesuatu atau keadaan yang timbul karena suatu pengalaman. Pengetahuan dibedakan menjadi 3 klasifikasi yaitu:
    1. Prodecural Knowledge adalah pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur atau cara untuk melakukan sesuatu. Contohnya, bagaimana cara mendidihkan air dalam panci.
    2. Declarative Knowledge adalah pengetahuan untuk dapat menentukan nilai benar dan salah suatu hal. Contohnya, jangan celupkan tangan anda dalam air yang mendidih.
    3. Tacid Knowledge kadang disebut juga sebagai "unconscious knowledge", karena pengetahuan tidak dapat diekspresikan atau didefinisikan dengan bahasa. Contohnya, bagaimana menggerakkan tangan.
Representasi pengetahuan adalah cara untuk menyajikan pengetahuan yang diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat diketahui relasi antara suatu pengetahuan dengan pengetahuan yang lain dan dapat dipakai untuk menguji kebenaran penalarannya.

        6.2 Produksi
Aturan Produksi (kaidah produksi) adalah salah satu representasi pengetahuan yang menghubungkan premis dengan konklusi. Aturan produksi adalah jenis representasi pengetahuan yang paling umum digunakan karena memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan kekurangannya.
Pengetahuan dalam kaidah produksi direpresentasikan dalam bentuk:

                                JIKA [kondisi] MAKA [Aksi]
                                JIKA [premis] MAKA [Konklusi]


Bentuknya: If Premis Then Konklusi
Konklusi pada bagian then bernilai benar jika premis pada bagian if bernilai benar.
Contoh: If  hari ini hujan then saya tidak kuliah.

        6.3 Jaringan Semantik
Jaringan Semantik adalah teknik representasi dalam artificial intelligence klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai proposional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan deklaratif.
Jaringan Semantik pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia. Struktur semantik nets berupa grafik dengan node (simpul) dan arc (ruas) yang menghubungkannya.
Pengetahuan disusun dalam sebuah jaringan yang memiliki komponen utama:
    - Node: menyatakan obyek, konsep, atau situasi. Dinyatakan dengan kotak atau lingkaran
    - Arcs/Link: menyatakan hubungan antar node. Dinyatakan dengan tanda panah.

        6.4 Triple Obyek-Atribut-Nilai
Bentuk object-attribute-value triple daapat digunakan untuk mempresentasikan semua karakteristik pengetahuan dalam semantic net dan digunakan pada sistem pakar MYCIN untuk mendiagnosa penykit infeksi.

        6.5 Schemata: Frame dan Script
Ø  Frame
Salah satu tipe skema yang digunakan dalam beberapa aplikasi AI adalah frame. Frame merupakan struktur yang baik untuk mempresentasikan objek yang tipikal dalam situasi tertentu. Karakteristik dasar frame adalah frame mempresentasikan pengetahuan yang terkait mengenai sebuah subjek yang sempit dan memiliki default. Sistem frame adalah pilihan yang baik untuk mendeskripsikan peralatan mekanik seperti mobil. Frame mencoba memodelkan obyek yang ada di dunia nyata menggunakan pengetahuan generik untuk atribut yang banyak dimiliki oleh obyek dan pengetahuan spesifik untuk kasus khusus. Frame merupakan semantik net dilengkapi dengan properties. Suatu Frame menggambarkan entitas sebagai set dari attribute dan nilai yang bersesuaian. Suatu frame dapat berelasi dengan frame yang lainnya.
Tiga komponen utama dari frame:
    1. Frame name
    2. Attributes (slots)
    3. Values (subslots)

Contoh: Deskripsi frame untuk robot
ROBOT:
Spesifikasi dari: Alat Mekanik
Program: Kecerdasan Buatan
Jenis: Robot mobile, robot jaringan, robot manipulator

Ø  Robot mobile:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Menggunakan roda
Kegunaan: Penelitian robot
Ø  Robot jaringan:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Jaringan internet
Kegunaan: Penjinak bom
Ø  Robot manipulator:
Spesifikasi dari: Robot
Kontrol: Mempunyai tangan
Kegunaan: Memindahkan barang
Setiap frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip record, berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype. Slot-slot dalam frame dapat berisi :
– Informasi identifikasi frame
– Hubungan frame dengan frame lain
– Penggambaran persyaratan yang dibutuhkan frame
– Informasi procedural untuk menggunakan struktur yang digambarkan
– Informasi default frame
– Informasi terbaru

Ø  Script
Script adalah skema representasi pengetahuan yang menggambarkan urutan-urutan kejadian (sequence of events). Script dilengkapi dengan elemen-elemen agar lebih memudahkan dalam memahami urutan kejadian.
a. Track/Jalur: variasi yang mungkin terjadi dalam script
b. Kondisi Input: situasi yang harus dipenuhi sebelum sesuatu kejadian terjadi
c. Prop/Pendukung: objek pendukung yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi
d. Role/Peran: orang-orang yang terlibat dalam suatu peran
e. Scene/Adegan: urutan peristiwa aktual
f.  Hasil: kondisi akhir yang terjadi setelah urutan peristiwa dalam script

Contoh :
Script pergi ke restoran
SCRIPT Restoran
Jalur (track): fast food restoran
Peran (roles): tamu, pelayan
Pendukung (prop): conter, baki, makanan, uang, serbet, garam, merica, kecap, sedotan, dll
Kondisi masukan: tamu lapar –tamu punya uang
Adegan (scene) 1: Masuk
    - Tamu parkir mobil
    - Tamu masuk restoran
    - Tamu antri
    - Tamu baca menu di list menu dan mengambil keputusan tentang apa yang akan diminta.
Adegan (scene) 2 : Pesanan
    - Tamu memberikan pesanan pada pelayan
    - Pelayan mengambil pesanan dan meletakkan makanan di atas baki
    - Tamu membayar
Adegan (scene) 3 : Makan
    - Tamu mengambil serbet, sedotan, garam, dll
    - Tamu makan dengan cepat
Adegan (scene) 4 : Pulang
    - Tamu membersihkan meja
    - Tamu membuang sampah
    - Tamu meninggalkan restoran
    - Tamu naik mobil dan pulang
Hasil
    - Tamu merasa kenyang
    - Tamu senang
    - Tamu kecewa
    - Tamu sakit perut

ü  Keistimewaan Script :
        a. Script menyediakan beberapa cara yang sangat alami untuk merepresentasikan “suatu inforamsi” yang lazim” dengan masalah yang bersumber dari sistem AI dari mula.
        b. Script menyediakan struktur hirarki untuk merepresentasikan inforamsi melalui inklusi subscript dengan sript.


    Sumber :
    http://lutfiatulm.blogspot.co.id/2013/03/representasi-pengetahuan.html
    http://spukswkelasbkelompok3.blogspot.co.id/2009/02/pengetahuan-dibedakan-menjadi-3.html
    http://unique88blogger.blogspot.co.id/2011/03/representasi-pengetahuan.html
    http://wisatapikiran.blogspot.co.id/2013/04/representasi-pengetahuan-dari-ai.html

Comments (0)