• UseCase Diagram

1. Buatkan diagram use case yang menunjukkan langkah-langkah pendaftaran mahasiswa baru Universitas Gunadarma dan berikan narasi dari diagram yang telah anda buat!




Pertama calon mahasiswa mencari tahu lewat internet bagaimana cara mendaftar di kampus gunadarma, lalu calon mahasiswa mendatangi kampus gunadarma dan membeli formulir di staff penerimaan mahasiswa baru. Setelah membeli formulir calon mahasiswa membaca formulir pendaftaran dengan seksama, dan melengkapi persyaratan yang diperlukan setelah itu mengembalikan formulir ke staff penerimaan mahasiswa baru jika telah selesai semua persyaratan yang diperlukan. Calon mahasiswa mengikuti tes masuk lalu melihat hasil tes masuk kumudian membayar uang perkuliahan di bank yang ditentukan dan masuk kuliah di awali dengan ikut PPSPPT dan sudah menjadi mahasiswa gunadarma.

  • Activity Diagram
2. Buatkan diagram activity yang menunjukkan langkah-langkah meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan (minimal berisi 1 kondisi) dan berikan narasi dari diagram yang telah anda buat!

 

Dimulai dari anggota perpustakaan yang memilih buku yang akan dipinjam, lalu anggota membawa buku dan kartu anggota kepada petugas perpustakaan. Petugas perpustakaan memverifikasi kartu anggota dan mencatat peminjaman. Setelah itu anggota mendapatkan buku yang akan dipinjam, ketika anggota akan mengembalikan buku, petugas perpustakaan akan memeriksa batas waktu pengembalian yang telah disepakati. Jika anggota perpustakaan tepat waktu dalam mengembalikan buku maka anggota langsung mendapatkan validasi data, tetapi jika terlambat maka anggota perpustakaan akan dikenai denda, dan membayar denda yang telah ditentukan, setelah selesai mebayar denda maka petugas perpustakaan akan memvalidasi data.

Comments (0)